Minggu, 25 Desember 2011

Keaneragaman Konsep Iklan Internasional


Periklanan adalah komunikasi komersial dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat misalnya seperti televisi, radio, Koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang, atau kendaraan umum.namun sekarang ini dalam era globalisasi, pesan-pesan periklanan dapat ditransmisikan melalui media baru, khususnya internet. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa periklanan internasional adalah penyampaian pesan atau komunikasi komersial melalui berbagai media baik cetak, elektronik maupun media interaktif dengan area internasional.
Pada saat perusahaan ingin membuat serta menayangkan sebuah iklan untuk perusahaan atau produk-produknya dengan area pemasaran internasional, perusahaan harus memikirkan beberapa pertimbangan yang berkaitan dengan aspek lokal Negara tersebut, seperti aspek budaya. Sebab budaya melibatkan seluruh tradisi, kebiasaan, agama, seni, dan bahasa. Ini tersusun dari keyakinan, moral, adat istiadat, dan kebiasaan yang dipelajari dari orang lain. Dalam pasar domestic, pengiklan yang ingin berkomunikasi dengan para konsumen asing juga harus mempertimbangkan lingkungan-lingkungan yang mempengaruhi selera, sikap, dan cara pikir orang. Seperti contohnya Mcdonald’s harus memperkenalkan burger vegetarian saat membuka restoran di India. Hal ini terlihat bahwa agar sebuah iklan serta produk dapat diminati oleh klahayak di suatu tempat atau Negara, iklan tersebut harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan serta budaya yang ada dalam masyarakat atau khalayak tersebut.
Dalam sebuah iklan itu sendiri tidak hanya aspek-aspek budaya lokal yang diperhatikan untuk membuat serta memasarkan iklan terkait produk-produk dari sebuah perusahaan agar produk atau iklan tersebut dapat di terima dalam sebuah masyarakat kelompok atau Negara tertentu. Namun aspek dari iklan itu sendiri harus diperhatikan agar isi atau konten iklan tersebut juga berkualitas serta mendukung diterimanya iklan oleh masyarakat. Aspek-aspek yang berhubungan adalah naskah iklan, ilustrasi, serta penerjemahan. Naskah iklan dari sebuah iklan suatu produk tentu saja sangat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya iklan itu dipasarkan dalam sebuah komunitas. Khalayak lebih menikmati sebuah iklan jika naskah atau cerita yang ada dalam iklan tersebut sesuai dengan keinginannya serta memiliki kedekatan dengan khalayak tersebut.
Aspek berikutnya yaitu ilustrasi. Aspek tersebut juga menjadi salah satu aspek pendukung yang sangat kuat dari sebuah iklan. Sebuah iklan dikatakan berhasil jika dalam iklan tersebut memiliki atau menggunakan sebuah ilustrasi yang menarik seperti gambar, music serta lainnya yang dapat meningkatkan rasa kepuasan pelanggan terhadap iklan dan produk perusahaan tersebut. Sehingga masyarakat mudah terpengaruh oleh iklan yang ditampilkan dan akan membeli produk yang diinginkan karena, keterkaitan adanya iklan yang menarik konsumen. Selanjutnya yaitu aspek penerjemahan. Sebagai sarana komunikasi antara pengiklan dengan masyarakat, harusnya pesan yang disampaikan harus dapat dimengerti semua pihak. Sehingga reaksi yang ditimbulkan akan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, agar pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh masyarakat di sebuah Negara, bahasa yang digunakan dalam sebuah iklan harus di terjemahkan kedalam bahasa keseharian masyarakat setempat.
Adapun karakteristik iklan yang baik harus memiliki kriteria, yaitu:
1.        Mempunyai sasaran yang jelas, dengan menentukan target konsumen, dan menentukan media apa yang akan digunakan, kualitas iklan, harga, dan distribusi (jangkauan pemasaran).
2.        Mempunyai daya tarik tertentu sehingga konsumen memperhatikan isi iklan secara seksama. Fokus pada pesan yang ingin disampaikan oleh para konsumen.
3.        Tampilan iklan semenarik mungkin, tanpa tampilan iklan yang tidak menarik maka iklan tersebut tidak akan menjual.

Analisis kasus iklan McDonald
Terkait dengan iklan perusahaan McDonald di berbagai Negara memiliki beberapa karakteristik tertentu yang membuat iklan McDonald serta produknya dapat dinikmati dengan baik oleh khalayak atau masyarakat di lingkungan tersebut. Ada beberapa perusahaan yang memiliki kebijakan untuk membuat iklan yang sama di berbagai media. Namun, untuk perusahaan makanan yang berasal dari Amerika ini membuat berbagai jenis iklan yang berbeda-beda di setiap Negara yang dituju. Keaneragaman bentuk iklan yang disesuaikan dengan karakteristik lingkungan masing-masing Negara menurut penulis membuat produk McDonald dapat semakin dekat dengan masyarakat di wilayah tersebut.
Iklan yang dibuat dari satu Negara dengan Negara lain berbeda. Contohnya pada saat McDonald membuat iklan untuk kawasan Indonesia, mereka menyesuaikan iklan dengan karakteristik wilayah Indonesia. Seperti konsep kepulauan, pariwisatan Indonesia dan sebagainya yang dapat membuat masyarakat atau khalayak di Indonesia merasa dekat dan akrab dengan produk McDonald. Walaupun ada beberapa konsep iklan yang dibuat sama untuk beberapa Negara, namun tetap saja ada beberapa konsep yang tidak disukai oleh sebagaian khalayak di Negara tertentu karena dipandang iklan yang dibuat tidak sesuai dnegan kebudayaan di lingkungan tersebut. Contohnya iklan McDonald yang ada di Negara Filipina dan India yang mengandung tema”Boy and Girl Friends” sedikit mendapat ketidaksetujuan oleh pelanggan di daerah Filipina. Sebab iklan tersebut dinilai kurang menyesuaikan budaya serta norma yang ada di Negara Filipina tersebut.
Dilihat dari aspek yang ada di dalam iklan, iklan yang diproduksi oleh McDonald tentu saja sudah sesuai dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan ilan. Dilihat dari isi atau naskah iklan sendiri, karena iklan yang diproduksi disesuaikan dengan kondisi di setiap Negara tujuan, naskah iklan juga sudah disesuaikan dengan tema iklan yang ada. Ilustrasi yang ditampilkan di dalam iklan yang ada juga sudah sesuai dengan konsep iklan serta ilustrasi yang dibuat lebih meningkatkan tingkat ketertarikan khalayak dengan iklan dan produk McDonald. Penerjemahan juga menjadi aspek yang sangat krusial yang menyebabkan ketertarikan dengan iklan tersebut. Di dalam berbagai iklan yang di buat oleh McDonald, karena iklan yang ditampilkan sudah dibagai atau dibuat di berbagai Negara, maka bahasa yang dibuat adalah bahasa local yang ada atau digunakan di Negara tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar