Selasa, 10 Januari 2012

Kualifikasi Seorang Public Relations










Sekarang ini, seiring dengan perkembangan zaman yang sudah beralih ke zaman modern dan seiring memasuki era global, profesi Public Relations sangat diperlukan di berbagai elemen perusahaan atau corporate. Sebab, dengan adanya globalisasi ini, sebuah perusahaan harus mampu menjaga citra dan selalu meningkatkan citra baik dimata dunia, serta untuk dapat cepat mengendalikan krisis atau konflik didalam atau diluar organisasi, serta untuk menjalin hubugnan baik dengan perusahaan lain.
Oleh karena itu, sebuah profesi Public Relations haruslah memiliki standart kemampuan atau kualifikasi sebagai berikut:
1.        Kemampuan berkomunikasi (Ability to Communicate)
Kemampuan berkomunikasi yang baik yang harus ada atau dimiliki oleh seorang PR adalah kemampuan berbicara secara lisanseperti presentasi di depan client, komunikasi tulis seperti membuat press release, pengelolaan media internal dan sebagainya. Tetunya kemampuan komunikasi ini ditunjang dengan kemampuan untuk dapat berbahasa asing dengan baik.
2.        Kemampuan mengorganisasikan (Ability to Organize)
Kemampuan mengorganisasikan adalah sebuah kemampuan untuk mengelola SDM atau menenejerial anggota organisasi saat terjadi suatu masalah tertentu, atau pada moment ke PR an.
3.        Kemampuan bergaul atau membina relasi (Ability to get on with people)
Selain memiliki kemaampuan berbicara dengan baik, seorang Public Relations harus memiliki kemampuan untuk bergaul dengan siapa saja. Sebab, dengan memiliki kemampuan bergaul, seorang PR dapat menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat atau stakeholder yang tentunya menguntungkan perusahaan dan tentu saja akan memperbanyak jaringan komunikasi yang didapatkannya.
4.        Kepribadian utuh atau jujur (Personal Integrity)
Seorang Public Relations haruslah memiliki kepribadian yang jujur. Sebab, kepribadian yang jujur tentu saja akan meningkatkan kredibilitas kita sebagai Public Relations sebuah perusahaan dimata rekan kerja, client atau perusahaan lainnya. Sebaliknya, jika kita bekerja sebagai Public Relations yang tidak jujur, akan menurunkan kredibilitas kita dimata orang lain dan menurunkan citra baik perusahaan kita.
5.        Memiliki imajinasi yang kuat (Imagination)
Seorang Public Relations haruslah memiliki nilai imajinasi yang tinggi. Karena sebuah imajinasi yang tinggi sangat diperlukan dalam tugas seorang Public Relations. Karena, dalam kesehariannya, seorang Public Relations dituntut harus bisa untuk membuat sebuah event seperti pameran, workshop, seminar, dan sebagainya dan juga harus dapat membuat cara agar dapat mengatasi konflik yang terjadi pada perusahaan.

4 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kemampuan untuk kesadaran etis
kemampuan berfikir etis
kemampuan berperilaku etis
kemampuan untuk kepemimpinan yang etis

Posting Komentar